Friday, March 9, 2012

Motivasi-7 (KALAU)

KALAU


“lima Puluh Lima” Alasan-alasan  yang sering digunakan oleh Kabayan

Orang yang tidak berhasil ternyata mempunyai satu sifat yang sama.
Mereka tahu semua sebab mengapa gagal dan yakin tentang alasan-alasan untuk membenarkan kekurangan pencapaian-pencapaian sendiri.

Setengah alasan itu adalah bijaksana dan adapun beberapa alasan itu yang wajar berdasarkan fakta-fakta. Tetapi alasan-alasan itu saja tidak bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Dunia hanya mau satu saja apakah anda sudah mencapai keberhasilan ?

Seorang penganalisa telah menyusun satu daftar yang mengandung alasan-alasan yang biasa digunakan. Bila anda membaca daftar itu, periksalah diri dengan teliti dan tentukan beberapa dari alasan-alasan berikut, jikalau ada, itu adalah harta benda anda. Ingatlah juga, falsafah yang dipersembahkan didalam lembar ini adalah untuk menerangkan bahwa setiap satu alasan ini tidak boleh dipakai lagi.

KALAU aku tidak beristri dan berkeluarga ....................................................................................................
KALAU aku mempunyai cukup “Kekuatan”....................................................................................................
KALAU aku mempunyai uang......................................................................................................................
KALAU aku mempunyai pendidikan yang baik.............................................................................................
KALAU aku bisa mendapat satu pekerjaan...................................................................................................
KALAU aku mempunyai waktu....................................................................................................................
KALAU aku mempunyai kesehatan yang bagus............................................................................................
KALAU keadaan lebih baik..........................................................................................................................
KALAU orang lain memahami saya..............................................................................................................
KALAU keadaan sekeliling saya adalah berbeda (sesuai dengan keinginan saya...........................................
KALAU aku bisa mengalami hidup saya kembali...........................................................................................
KALAU aku tidak ketakutan dari apa yang “mereka” akan katakan..................................................................
KALAU aku diberikan satu peluang..............................................................................................................
KALAU aku sekarang mempunyai satu peluang............................................................................................
KALAU orang banyak tidak membuat aturan-aturan untuk saya......................................................................
KALAU aku lebih muda...............................................................................................................................
KALAU aku bisa melakukan apa yang aku inginkan.......................................................................................
KALAU aku dilahirkan kaya.........................................................................................................................
KALAU aku bisa bertemu “orang yang berpengaruh”.....................................................................................
KALAU aku mempunyai bakat setengah dari orang kaya...............................................................................
KALAU aku berani menegaskan diri.............................................................................................................
KALAU aku mengambil peluang-peluang dahulu...........................................................................................
KALAU orang tidak menimbulkan kemarahan saya........................................................................................
KALAU aku tidak perlu menjaga rumah dan anak-anak..................................................................................
KALAU aku bisa menghemat sedikit uang....................................................................................................
KALAU atasan saya menghargai saya..........................................................................................................
KALAU ada orang membantu.......................................................................................................................
KALAU keluarga aku memahami..................................................................................................................
KALAU aku tinggal di kota yang besar..........................................................................................................
KALAU aku bisa memulai............................................................................................................................
KALAU aku punya banyak waktu.................................................................................................................
KALAU aku mempunyai kepribadian seperti orang lain..................................................................................
KALAU aku tidak begitu gemuk...................................................................................................................
KALAU bakat aku diketahui umum...............................................................................................................
KALAU saya mendapat satu peluang...........................................................................................................
KALAU saya lepas dari hutang piutang.........................................................................................................
KALAU aku tidak gagal...............................................................................................................................
KALAU aku tahu bagaimana cara.................................................................................................................
KALAU semua orang tidak menentang saya.................................................................................................
KALAU aku tidak bercakap-cakap................................................................................................................
KALAU aku bisa menikah dengan orang yang aku idamkan...........................................................................
KALAU orang tidak begitu pendiam..............................................................................................................
KALAU keluargaku tidak begitu boros..........................................................................................................
KALAU aku mempunyai kepercayaan pada diri sendiri..................................................................................
KALAU nasib tidak menentang saya............................................................................................................
KALAU aku tidak dilahirkan dibawah naungan bintang yang salah...................................................................
KALAU aku tidak susah bekerja dengan sungguh-sungguh............................................................................
KALAU aku tidak kehilangan uang...............................................................................................................
KALAU aku tinggal didaerah jiran yang berlainan...........................................................................................
KALAU aku tidak mempunyai riwayat hidup yang berlainan............................................................................
KALAU aku punya perusahaan kepunyaan diri sendiri...................................................................................
KALAULAH orang lain memperdulikan saya..................................................................................................

KALAU ******* dan ini terbesar diantara …………….. kalau saya berani melihat diri sendiri dengan sebenar-benarnya, saya akan mencari sebab apakah salah pada diri saya dan membetulkannya. Maka saya mungkin mempunyai sebab apakah salah pada diri saya dang membetulkannya. Maka saya mungkin mempunyai keuntungan daripada kesalahan-kesalahan saya dan mempelajari sesuatu dari pengalaman orang lain, karena saya tahu apa yang tidak terdapat pada diri saya, jika tidak saya pasti akan berkedudukan di peringkat dimana saya sepatutnya, jika saya meluangkan lebih banyak waktu untuk menganalisa kelemahan-kelemahan saya dan mengurangkan waktu untuk membentuk alibi sebagai alasan.

No comments:

Post a Comment